Wednesday, May 9, 2018

Keindahan Objek Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi

Keindahan Objek Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi

Objek Wisata di Banyuwangi, Kawah Ijen

Travel List - Kawah Ijen adalah tempat wisata yang sudah terkenal oleh beberapa wisatawan domestik serta asing karna keindahan alamnya. Sehari-harinya Kawah Ijen tidak sempat sepi dari pengunjung. Pada hari-hari umum pengunjung Kawah Ijen rata-rata cuma beberapa ratus orang, tetapi pada week end atau hari libur dapat menjangkau lebih 2 ribu orang, bahkan juga pada peristiwa spesifik seperti malam perubahan th., pengunjungnya dapat menjangkau 4 ribu lebih. Tiap-tiap th. senantiasa berlangsung penambahan jumlah pengunjung, baik domestik ataupun mancanegara, bersamaan dengan tingkatkan popularitas Kawah Ijen.

Bila pada th. 2011 jumlah pengunjung Kawah Ijen baru menjangkau sekitaran 16 ribu orang, jadi th. 2015 telah bertambah nyaris 10 kali lipat jadi 150 ribu pengunjung. Ini data resminya, mungkin saja kenyataan riilnya semakin banyak sekali lagi. Dengan diputuskannya Gunung Ijen jadi cagar biosfir oleh Unesco pada Maret 2016, dapat di pastikan pesona Kawah Ijen juga akan semakin mendunia serta menghadirkan semakin banyak wisatawan mancanegara. Terutama pihak Pemkab Banyuwangi semakin gencar mempromosikan Kawah Ijen jadi wisata andalan Kabupaten Banyuwangi.

Keindahan Objek Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi

Tempat Wisata Kawah Ijen di Jawa Timur

Lokasi Wisata Kawah Ijen masuk dalam lokasi Cagar Alam Taman Wisata Ijen dengan luas 2. 560 hektare, termasuk juga rimba wisata seluas 92 hektare. Kawah Ijen ini terdapat di puncak Gunung Ijen di lokasi Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi serta Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso. Gunung Ijen adalah gunung berapi aktif yang mempunyai ketinggian 2. 443 mdpl di atas permukaan laut yang terdapat berdampingan dengan Gunung Raung serta Gunung Merapi.

Kawah Ijen adalah satu danau diatas Gunung Ijen yang terjadi karena sistem letusan Gunung Ijen, buat kawah itu dipenuhi oleh air hingga membuat satu danau kawah yang begitu menarik. Yang menarik yaitu kawah ini ada di dalam kaldera yang terluas di Pulau Jawa dengan diameter 6 km. Ukuran kawahnya sendiri sekitaran 960 mtr. x 600 mtr. dengan kedalaman 200 mtr.. Kawah ini terdapat di kedalaman lebih dari 300 mtr. dibawah dinding kaldera.

Kawah Ijen adalah satu diantara kawah paling asam paling besar didunia. Yakni mempunyai tingkat keasaman mendekati 0, hingga dapat melarutkan badan manusia secara cepat. Tetapi, di balik semuanya, nyatanya kawah ini menghidangkan pesona keindahan yang menarik.
Pesona Keindahan Kawah Ijen.

Keindahan Objek Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi

Pesona Keindahan Objek Wisata Kawah Ijen

Kawah Ijen dari atas Gunung Ijen tampak begitu indah. Kawah ini adalah danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut serta asap belerang yang begitu memesona.
Diluar itu, udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius, bahkan juga dapat menjangkau suhu 2 derajat celcius, juga akan menaikkan sensasi sendiri. Beragam tanaman yang cuma berada di dataran tinggi dapat juga Anda dapatkan, seperti Bunga Edelweis serta Cemara Gunung.

Waktu pagi hari, saat matahari mulai menyinari lokasi Kawah Ijen, pemandangan yang indah bisa Anda nikmati. Kawah Ijen yang berwarna hijau kebiruan juga akan ditambah sinar matahari yang berwarna keemasan memantul di kawah itu.

Di sekitaran lereng kawah terhampar pohon Manisrejo (cantiqi) yang berdaun kemerahan, sedang batuan dinding kawah berwarna belerang, kekuningan, beberapa keadaan berikut yang buat pemandangan alam di sini demikian mengesankan untuk di nikmati.

Dari Kawah Ijen layangkan pandangan ke sekelilingnya, juga akan tampak rangkaian gunung beda di lokasi Pegunungan Ijen, seperti Gunung Merapi di timur, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante dsb.

Diluar itu fenomena alam beda yang ada di kawah Ijen yg tidak bisa ditinggalkan yaitu Blue Fire atau Api Biru, yang keluar di tengahnya penambangan sulphur, serta cuma dapat diliat pada awal hari sampai mendekati pagi hari sekitaran jam 05. 00 WIB.

Fenomena blue fire ini cuma ada dua didunia, terkecuali di Ijen cuma berada di Islandia. Jadi tidak heran kehadiran si api biru ini demikian begitu diburu beberapa wisatawan, terutama turis asing.

No comments:

Post a Comment