Saturday, April 21, 2018

Berwisata Ke Monumen Tugu Jogja, Wisata Kota Yogyakarta

Berwisata Ke Monumen Tugu Jogja, Wisata Kota Yogyakarta

Jalan-jalan Dikota Jogja, Berkeliling Sekitar Monumen Tugu Jogja

Travel List - Tugu Jogja adalah ikon kota Yogyakarta yang begitu populer. Tugu ini telah berumur sekitaran 3 era yang menaruh banyak arti serta histori kota Yogyakarta. Lambang serta simbol kota Yogyakarta ini dibuat oleh Hamengku Buwono I yang adalah pendiri dari Keraton Yogyakarta. Tugu ini dapat adalah garis imaginer yang berbentuk magis yang menghubungkan pada laut selatan, keraton Jogja, serta gunung Merapi.

Bila kita pandang dari Keraton Yogyakarta, ke arah utara juga akan tampak Jl. Malioboro, Jl. Mangkubumi, Tugu Jogja serta Jl. Monumen Jogja Kembali juga akan membetuk garis lurus ke arah puncak gunung Merapi.

Bangunan ini melukiskan Manunggaling Kawula Gusti yang disebut semangat persatuan untuk melawan penjajahan. Semangat persatuan tergambar dari bentuk tiang bangunan tugu ini yang gilig atau silider sedang puncak dari bangunan ini yang bulat (golong) hingga tugu ini diberi nama Tugu Golong Gilig. Tugu ini adalah penunjuk arah saat Sultan Yogyakarta lakukan meditasi menghadap ke puncak gunung Merapi.

Sambil berjalan-jalan menikmati keindahan kota jogja bersama binatang peliharan kita. Anda bisa mengajak berjalan-jalan anjing husky mengelilingi kota jogja. Karena berjalan-jalan merupakan bagian untuk merawat siberian husky. Tentunya anda bisa bersenang-senang dengan keluarga anda dan binatang kesayangan anda terebut.

Berwisata Ke Monumen Tugu Jogja, Wisata Kota Yogyakarta

Tugu Jogja Monumen Kota Yogyakarta


Tugu Yogyakarta ini waktu dibuat berupa tiang silinder yang mengerucut keatas. Sedang sisi dasarnya berbentuk satu pagar yang melingkar serta sisi puncaknya berupa bulat. Tugu ini pada awalnya setinggi 25 mtr..

Pada tanggal 10 Juni 1867 berlangsung bencana gempa bumi besar yang menguncang kota Yogyakarta yang buat Tugu Jogja ini roboh yang dibarengi dengan kondisi yg tidak menentu pada saat itu karna gempa bumi yang hebat memporak-porandakan beberapa besar kota yogyakarta.

Pada th. 1889 tugu Jogja diperbaiki oleh Belanda dengan mengubah memiliki bentuk jadi bentuk persegi serta pada setiap sisinya dihiasi oleh seperti prasasti yang memberitahukan siapapun yang ikut serta dalam perbaikan itu. Di bagian puncak tugu dirubah jadi kerucut atau runcing yang semula bulat, sedang tinggi tugu itu jadi cuma 15 mtr. atau 10 mtr. lebih rendah dari pada bangunan awal mulanya. Sejak saat itu bangunan itu diberinama De Witt Paal atau Tugu Pal Putih

Perubahan bentuk tugu itu adalah taktik Belanda untuk mengikis persatuan rakyat serta raja dalam melawan penjajah, namun keinginan Belanda itu gagal karna di sana sini tetaplah berlangsung perlawanan dari rakyat Indonesia.

Tugu Jogja, Objek Wisata Kota Yogyakarta


Tugu Jogja ini terdapat di dalam perempatan Jl. Pangeran Mangkubumi – Jl. Jenderal Sudirman – Jl. AM. Sangaji serta Jl. Pangeran Diponegoro. Daerah Tugu Jogjja begitu gampang untuuk dibuka karna letaknya begitu strategis yakni pada tengah perempatan jalan yakni Jl. Pangeran Mangkubumi (Selatan), Jl. ’ Jenderal Sudirman (Timur), Jl. AM. Sangaji (Utara) serta Jl. Pengeran Diponegoro (Barat).

Buat anda yang menginginkan lihat Tugu Jogja, tidak dipakai cost sekalipun karna letaknya yang ada pada public ruang jadi siapapun bisa lihat atau memegang tugu itu. Namun pada siang hari kita juga akan susah untuk mendekatinya karna arus jalan raya yang begitu ramai, beda perihal apabila kita luangkan saat pada tengah malam hari untuk mencermati lebih dekat juga akan cukup terang karna diterangi dengan lampu yang cukup jelas.

Sarana yang ada di sekitar tempat itu lumayan komplit seperti terdapatnya bangku taman yang ada di Jl. Pangeran Mangkubumi, pos penjagaan Polisi, pertokoan, nasi gudeg, serta becak yang ngetem di sekitaran jalur parkir kendaraan.

No comments:

Post a Comment